12 W – Turun Berat Badan

Huaaaaa heran deh pas kontrol ke dokter awal bulan ini, pas nimbang badan bobot nya turun aja gitu. Balik lagi ke 41 kg. Hiks 😥 Padahal sebelumnya pas us pertama dan kedua udah sempet naik jadi 44 kg lho. Gimana ini kok bisa turun gini?! Sempet kuatir banget sebelum masuk ke ruangan dokter. Jadi nimbang berat badan itu emang di luar ruangan dokter nya, sama perawat aja pas kita baru dateng dan catet nama. Jadi sebelum itu ya harus nunggu beberapa lama dulu sebelum akhirnya dipanggil masuk ke ruang dokter. Saya yang emang dasarnya suka parno ga jelas gitu ya, jadi panik pas tau berat badan yang sebelumnya udah naik kok malah balik lagi.

Sebelnya nih, sekitar seminggu sebelum itu kan saya udah beli timbangan gitu di rumah. Tujuannya biar bisa memantau berat badan sendiri kan. Nah di timbangan yang di rumah itu bobot saya udah naik, udah sampe 45 kg! Ya udah seneng kan sebelumnya, eh pas di tempat praktek dokter kok hasilnya beda. Tadinya sempet nyalahin timbangan di tempat dokter itu, karena bentuk nya udah lama dan kusem gitu, tapi suami saya bilang kalo berat dia di timbangan rumah juga jadi lebih berat daripada di timbangan lain. Nah lho.

Akhirnya setelah USG dan dokter nya bilang ukuran si baby sesuai sama umur nya, baru deh saya tenang. Alhamdulillah. Dokter nya bilang porsi makan untuk lauk nya yang ditambah, kalo makan nasi (atau karbo) nya sih gapapa porsi normal aja. Saya rasa sih karena emang belakangan itu nafsu makan saya menurun drastis, makanya berat badan sampe turun gitu. Saya bilang gitu ke dokter nya, trus dokter nya bilang makanya makan itu jangan karena selera, tapi karena emang butuh. Ya merasa tertohok deh jadinya, saya kan suka nurutin selera tuh, gak nafsu makan ya udah saya gak makan daripada muntah. Jadinya ya gitu. Padahal kalo dipaksain makan juga kayaknya sih ga bakal muntah juga. Saya juga waktu itu ngurangin porsi minum susu jadi sehari sekali padahal harusnya 2 kali. Alasannya ya itu, males dan gak nafsu.

Sekarang saya niat banget nih naikin berat badan, ya bukan apa-apa sih, demi baby nya juga. Dokter sih bilang ukuran baby nya sesuai ya, tapi tetep aja kuatir gitu kalo berat saya gak naik apalagi kalo sampe turun lagi 😦 Alhamdulillah sih sekarang selera makan nya udah membaik lagi. Mudah-mudahan si baby makin sehat deh. Saya akhirnya kemaren beli timbangan digital buat di rumah. Biar lebih yakin sama hasilnya. Alhamdulillah sih berat saya udah naik lagi, hahaa emang berat saya termasuk yang gampang naik turun lho dari dulu (sebelum hamil juga), meskipun gak drastis ya, tapi naik turun 3-5 kg sesuai pola makan itu biasa lho buat saya. Ya mudah-mudahan emang timbangan nya kali ini gak salah lagi deh. Mudah-mudahan emang berat badan saya naik biar bayi nya makin sehat 🙂

Bulan Ramadhan udah mulai nih, saya bingung sebenernya mau puasa atau ngga terkait berat badan yang turun dan kekuatiran saya ya. Dokter sih bilang ga ada masalah kalo saya puasa, yang penting kebutuhan nutrisi nya dipenuhi saat malam hari. Saya aja sih yang kuatiran ga jelas dan manja. Jadi selama beberapa hari kemarin gak puasa. Berasa lemes dan kekurangan darah gitu deh soalnya, jadi ya batal. Saya malah kuatir lemes dan batalnya karena sugesti dari dalem diri saya sendiri aja nih, padahal mah sebenernya kuat. Jadi hari ini saya coba puasa, setelah sahur nya makan rada banyak (untuk ukuran saya ya) dan minum susu. Semoga kuat sampe berbuka. Amin.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan buat semuanya 🙂

Iklan

8 pemikiran pada “12 W – Turun Berat Badan

  1. Hayo hayo hayo makan yang banyak… ^_^ Aku pun sama bidan dibilang kekurusan, tapi ga tau deh bebinya gimana.. Tapi ya yang penting makannya rutin tiap beberapa jam sekali.

    Semoga lancar puasanya ya Bumil..

    • Iyaaa saatnya menyerbu makanan enak, mumpung selera makan udah mulai balik nih hihiii… Boleh sih asal tetep ga berlebihan. Aku sih suka bangetttt eskrim 😀

  2. as long as babynya sehat dan kamu nya gak papa, enjoy ajaj ya bb gak tambah anggap karunia hihihi kalo aku yang beratnya turun begitu malah makin semangat makan. Selamat puasa ya, Ci

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s