Selamat Datang Kamu!

Selamat datang, kamu! 😉 *lirik-lirik ke perut* *kalo punya penglihatan x-ray enak kali ya, bisa selalu liat ke dalem rahim sendiri, buat memastikan kondisi yang di dalem baik-baik aja, heheee*

Awal Cerita

Cerita bermula saat saya ke Surabaya bulan April kemaren. Saya masih inget tuh tanggal 17 April pagi ada setitik merah gitu deh di (maaf) celdal. Saya pikir rada aneh sih soalnya kan belum masuk jadwal haid saya waktu itu. Siang nya pas saya liat lagi gak ada, gitu juga besokan nya. Jadi cuma sekali itu doang ada noda merah nya. Sebelumnya saya sempet baca-baca nih di forum TTC gitu, katanya itu tanda terjadinya pembuahan. Tentunya saya gak berani berharap lebih ya, takut kecewa kalo ternyata bukan gitu hehehee 😀

Gejala kehamilan yang biasa saya denger gak saya rasain lho, bahkan saya ngerasain gejala mau haid kayak biasa, mulai dari betis pegel pegel sampe PD sakit. PD sakit sih sama ya gejala haid juga gejala hamil. Suatu malem saya kebangun karena pipis (oh ya, saya ngerasain jadi sering pipis sih) terus dalem perut rasanya kayak ada yang bergejolak gitu, gimana sih bilangnya saya juga bingung hehee yang jelas waktu itu saya mikir yah udah deh ini pasti bakal haid nih. Suatu malem lainnya saya sampe nangis gitu diem-diem sampe akhirnya ketiduran *drama!*, karena betis saya pegel banget. Saya nangis nya bukan karena kesakitan betis pegel, tapi lebih karena sedih, betis pegel banget ini kan pertanda mau dapet haid 😦 Eh ternyata sampe udah tau hamil pun emang betis saya masih sering pegel yah, terutama di minggu2 awal banget 😀

Tanda Plus

Saya udah (sok) lupa tuh sama ‘tanda merah’ yang saya tulis di atas itu ya, cuman tetep aja kepikiran, namanya juga kepengen hehee.. Apalagi akhirnya saya telat dapet haid sampe awal Mei, padahal biasanya tuh jadwal saya akhir bulan. Tadinya udah sepakat sama suami kalo gak usah tes sampe pertengahan bulan, soalnya takut kecewa, siapa tau cuman jadwal nya mundur aja kan 😀 Sayangnya saya kepikiran :mrgreen: meskipun udah usaha gak mikirin, tetep ajaaaa.  Akhirnya saya coba deh beli test pack sendiri tuh pas tanggal 3 Mei, abis malem nya saya gak bisa tidurrrr *lebay* sibuk browsing2 soal gejala kehamilan dll, dan saya dapet ilham kalo sebaiknya tes aja. Soalnya saya nemu tulisan yang bilang: bisa jadi setelah telat seminggu atau lebih terus dapet (dikira) haid, padahal ternyata abortus alami gitu. Huaaaa panik dong yah saya, apalagi sekitar 2 minggu sebelumnya saya sempet minum antibiotik dan di-rontgen gigi!

Saya coba tes siang-siang, hasilnya Alhamdulillah dua garis (+). Reaksi pertama saya ketawa biarpun sambil gemeteran. Gak elit banget yah, orang mah biasanya nangis terharu kan ya. Saya ketawa kayak yang “tuh kaaaan bener kaaan!” gitu 😀 Nangis dikit setelah sujud syukur di kamar, soalnya panik. “Bener dikasih gini, beneran bisa jaga gak ya?! Soalnya saya udah beging ke Allah terus-terusan gini, setelah akhirnya dikasih gini, bisa beneran jaga gak nih?!” Abis itu baru deh telfon pak suami yang kebetulan emang udah dijalan mau pulang karena jam istirahat.

Reaksi pak suami datar banget deh, gak ada drama nya gitu. Pas saya liatin garis 2 di test pack dia bengong aja karena gak ngerti *jitak!*. Pas saya jelasin dia cuma bilang “oo positif, ya udah”. Nyebelin, cuma abis itu dia langsung heboh manggil ibu saya yang lagi di kamar di bawah, ngeliatin hasil nya. Terus langsung heboh ngajakin ke dokter. Lucunya ibu saya gak ngerti juga soal test pack itu, dan gak yakin sama hasilnya! 😆

USG Pertama dan Kedua

USG pertama… Gak keliatan apa-apa! Huahahahaa… Ibu saya yang emang gak percaya sama hasil test pack juga minta ke dokter nya buat saya tes urin lagi. Setelah hasil lab keluar baru deh dia rada percaya, tapi tetep panik karena di USG kan gak keliatan apa-apa yah. Heheee.. Dokter nya cuma bilang “belum keliatan nih, lagian kandung kemih nya kosong” Saya gak ngeh loh kalo mo USG itu harus nahan pipis. Dokter nya juga gak jelasin kan, pas browsing2 lagi baru tau deh. Jadi aja… pas USG kedua saya disuruh minum dulu, pas udah kebelet pipis baru disuruh balik lagi ke ruangan dokter buat USG 😛

Dokternya ngasih Duphaston sama Lapibion, trus minta saya balik 2 minggu kemudian. Dokternya sempet ceramah dikit, katanya “kalo mual-mual itu dinikmati aja, karena itu artinya bayi di dalem sedang tumbuh. Makan sedikit-sedikit aja tapi lebih sering”. Saya iya iya aja, tapi pas mo pulang sempet nyeletuk “saya gak mual-mual kok”, yang langsung dijawab ibu saya, “belum aja tuh!”  Beneran lho ternyata kata ibu saya, hahaaa… sampe rumah dan beberapa hari kemudian sih biasa aja emang, malah porsi makan saya bertambah! Suami saya sampe heran jadinya 😀 Nah setelah sekitar seminggu lebih deh ya, baru saya ngerasain mual sampe muntah. Alhamdulillah gak parah sih ya, seringnya kalo mual dateng saya masih bisa tahan tahan jangan sampe jackpot. Soalnya saya tuh dari dulu paling gak suka sama yang namanya muntah. Kalo sakit gitu juga saya paling takut kalo sampe muntah. Dihindari banget deh.

USG Kedua yang keliatan cuman kantong janin nya aja, janin di dalem nya belum keliatan dan detak jantung nya juga belum terdeteksi. Menurut dokter sih kalo dari ukuran kantong janin nya, usia kandungan saat itu 5-6 minggu. Saya sempet panik lho sebenernya, untung suami saya santai dan optimis aja. Dokternya minta saya balik lagi 2 minggu kemudian. Tetep dikasih resep yang sama kayak 2 minggu sebelumnya. Morning sickness lumayan nambah dari sebelumnya 😀

Kejadian kalo muntah pagi mungkin biasa aja kali ya, apalagi pas sikat gigi. Rada unik buat saya nih pas tengah malem. Waktu itu suami lagi ke luar kota pula (selama 2 minggu!). Tengah malem saya kebangun buat BAK, eh berbonus muntah aja gitu. Keluar lendir doang karena perut kosong kan tengah malem menjelang subuh gitu. Saya waktu itu emang bawa bekel nasi dan soto ke kamar. Ya udah saya makan deh tuh bekel dengan lahap. Beneran pas makan lahap aja lho, asik asik aja gitu. Sayangnya beberapa menit setelah makanan abis, pas saya wudhu buat sholat subuh eh keluar semua itu makanan. Beneran gak bisa ditahan lagi. Saya ngalamin jackpot tengah malem gini 2 kali.

Katanya kalo lagi hamil suka mimpi aneh-aneh ya. Saya gak terlalu ngeh sih ya, maksudnya mimpi aneh ada tapi gak terlalu berkesan gitu. Yang aneh malah waktu itu saya tidur sendirian karena suami masih di luar kota kan. Menjelang subuh gitu saya kebangun karena denger jendela di samping tempat tidur kayak diketuk pake kuku, atau dilempar kerikil gitu lho, bunyi ting ting halus, mungkin kerikil nya kecil banget saya pikir. Kamar saya kan ada di lantai 2 ya. Saya pikir ada orang iseng ngelempar kerikil halus dari bawah. Gak lama saya denger suara langkah kaki naik tangga di dalem rumah, terus jalan ke arah balkon belakang (kamar saya di depan), terus kayak ada suara ketukan gitu di salah salah satu pintu. Saya gak bisa nebak di pintu yang mana, yang jelas kalo gak pintu kamar abang saya yang persis di samping balkon belakang, mungkin pintu ke balkon itu sendiri yang diketok. Saya udah panik aja tuh, takut ada maling yang masuk. Tentunya saya gak berani keluar dong, cuman diem aja di tempat tidur sambil doa doa. Ngintip ke luar jendela juga gak berani. Waktu itu padahal saya kebelet pipis lho. Untung gak lama adzan subuh, dan suara-suara itu juga emang udah ilang sih. Abis adzan baru deh saya berani ke luar kamar buat ke kamar mandi, sambil bawa gunting! Saya pikir kalo emang ada orang yang masuk kan bisa saya tusuk pake tuh gunting, yang emang ukuran nya lumayan gede *kebanyakan nonton film*. Alhamdulillah ternyata gak ada apa-apa sih, pagi nya ternyata biasa aja, ternyata gak ada maling yang masuk. Gak tau deh mungkin itu cuman perasaan saya aja atau gimana. Saya bukan orang yang bisa ‘ngerasain’ apalagi ‘ngeliat’ hal hal aneh gitu kok.

USG Ketiga

Hasil USG ketiga baru keliatan deh ada janin di dalem rahim saya. Dokter nya lucu deh, dia sempet bilang, “ini kenapa kok saya pelit yah, ngasih resep cuma sampe 2 minggu” Maksudnya dia nyuruh saya balik dalam 2 minggu kan. Saya jelasin karena waktu itu janin nya belum keliatan, makanya dokter suruh saya balik lagi 2 minggu kemudian. Dia bilang “Oo pantes, biasanya pasien saya minta kontrol sebulan sekali aja, saya bosen liat pasien sering bolak balik, ya kalo duit nya sih gak bosen!” Hahaaa jujur amat si ibu. Alhamdulillah detak jantung si bayi juga udah kedengeran. Perkiraan umur nya 7-8 minggu. Dokter nya terus liat kalender bulet nya itu, sambil bilang “berarti ini lahiran nya nanti gak apa-apa lebih lambat seminggu ya” Maksudnya lebih lambat seminggu daripada tanggal yang diitung dengan HPHT (hari pertama haid terakhir). Emang kalo diitung dari HPHT harusnya usia kandungan sekarang udah 9 minggu sih, tapi ya sebenernya HPHT nya itu saya sedikit ngarang, wong bulan kemaren saya gak nyatet dapet haid tangal berapa 😀 Biasanya saya rajin nyatet lho, gak tau kenapa kemaren lagi males aja. Saya inget nya cuman jadwal dapet saya itu akhir bulan.

Oh ya kali ini saya dikasih resep Tomit (lupa kandungan nya apa, ntar saya liat lagi). Kata dokternya buat nahan mual dan muntah gitu. Saya sempet tanya, “kalo masih bisa ditahan gapapa gak diminum ya dok obatnya?” Kata dokter “gapapa, tapi kayanya bakal tambah parah mual muntah nya (sambil senyum2), jadi minum aja” Ya udah saya minum obat nya, dan Alhamdulillah memang berasa nya enakan sih. Nafsu makan saya kan sebenernya kurang banget nih, eh jadi mendingan karena obat itu. Gak tau beneran apa sugesti aja, gak peduli deh yang penting sugesti nya positif hehehee… Saya mikir nya gapapa deh minum obat itu, daripada saya maksa maksa gak minum obat nya dan malah kurang gizi karena mual muntah ya.

Sekian laporan kali ini 😀 Sengaja emang pengen dibikin jurnal biar saya inget di kemudian hari.

Perjalanan masih panjaaaaaaang, semoga semuanya baik baik aja. Semoga bayi di dalem sehat sehat selalu. Amin… 🙂

Iklan

15 pemikiran pada “Selamat Datang Kamu!

  1. Nah kan beneeeer. 😀
    Welcome to the club!
    Eh gile itu dalam 9 minggu kehamilan udah 3 kali kontrol? hehe yang pertama kecepetan sih ya. Gw juga waktu baru 5 minggu mah baru kliatan kantong janin. Pake dibilang rawan keguguran pula! Sampe langsung mewek di mobil

    • heheheeee iya bener tebakan bumil satu ini 😉
      Thanks yah Din…
      iyaaaaa yang pertama itu kecepetan, maklum langsung panik pas liat hasil test pack + *rabid* 😀
      Sedih banget yah Din pas dibilang rawan keguguran segala 😥 untungnya baik2 aja ternyata…

    • Amin… Dirimu juga Be…. Sesama nih kita heheeee iya biasa dokter sini Be hehee….gpp yg penting tetep jaga kesehatan ya, InsyaAllah sehat2 terus baby nyaa 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s