Diving di Tanjung Benoa

Pengalaman diving pertama nih. Hari Rabu kemaren saya suami bareng adek saya dan temen nya jalan ke Bali. Dalam rangka liburan adek saya nih. Jadi ya sebenernya sih saya dan suami ‘ditugaskan’ ortu buat nemenin adek saya liburan sih, soalnya ortu (terutama ayah saya) belum percaya sepenuhnya kalo adek saya ini jalan jalan sendirian atau sama temen nya aja ke luar kota πŸ˜€ Jelas sekali ini adalah ‘tugas’ yang sangat menyenangkan buat saya heheheheeee :mrgreen:

Sebelum Menyelam

Sebelum Menyelam

Langsung ke inti cerita ya, diving. Awalnya sih saya gak niat sama sekali mau nyobain olahraga air satu ini. Agak aneh memang kalo akhirnya saya yang gak bisa berenang sama sekali dan takut air (literally) ini mau nyobain diving πŸ˜€ Snorkeling beneran aja saya belum pernah lho. Waktu libur akhir tahun di Gili Trawangan (Lombok) kemaren mau snorkeling, cuman kita datengnya kesiangan jadi udah ketinggalan jadwal tour yang ada. Akhirnya sih kita cuma nyewa snorkel sama masker dan pelampung aja, terus main main sendiri di pinggir pantai πŸ˜€ Itu aja parah banget saya sampe kelelep dan keminum air laut beberapa kali hahahaaaa konyol banget udah pake pelampung masih kelelep karena panik gak jelas πŸ˜† Nah kenapa akhirnya saya milih ikutan diving ini daripada water sport yang lain? Soalnya setelah liat video orang yang lagi diving, kayaknya enak aja gitu, santai, kayak jalan jalan ‘doang’ sambil ngasih makan dan liat liat ikan. Sempet lupa kali ya kalo jalan jalan sambil ngasih makan ikan nya itu di dalem air πŸ˜› Yah setidaknya kalo diving ini kita nyemplung ke laut nya pelan pelan dan kalo udah beneran siap ya, gak kayak banana boat yang tiba tiba aja gitu diceburin ke laut huaahahahaaa (btw saya bahkan belom pernah naik banana boat πŸ˜› )

Lho ini gimana sih katanya udah mau ngomongin inti cerita tapi kok masih aja kemana mana ceritanya πŸ˜› Sekarang beneran ke inti nya ya, jadi diving ini bukan kayak penyelam profesional gitu ya. Diving yang kita lakukan ini lebih simple dan saya rasa sih relatif jauh lebih aman buat pemula, bahkan yang belum pernah diving (dan gak bisa berenang). Diving ini tujuan nya ya untuk menikmati keindahan di bawah laut ya. Nah ternyata di dasar laut yang jadi tujuan kita itu udah ada jalan kayak jalan setapak gitu dan ada pipa panjang di sisi nya, yang bisa buat pegangan. Jadi kita bisa liat terumbu karang dan anemon laut yang ada di sisi jalan itu. Sambil ngasih makan ikan ikan, pake roti yang kita bawa. Seru!

Peralatan yang kita gunakan seperti menyelam biasa, pake baju selam gitu, masker, kaki katak dan oksigen. Kita dibawa ke tengah laut pake speed boat, terus baru deh nyemplung ke air πŸ˜€ Sejujurnya saya panik banget pas udah nyemplung ke air hahahaaa bahkan pas mau turun dari speed boat aja ribet banget deh. Kan ga pake pelampung tuh kita disuruh turun, perasaan takut bakal tenggelam aja gitu πŸ˜› setelah nyempung ke air (sambil masih pegangan ke tali boat nya), baru deh pake tabung oksigen nya. Dipakein kok sama instruktur nya. Terus tentunya latihan bernapas pake mulut dengan regulator oksigen itu. Saya agak kuatir sih sebenernya, soalnya kan itu regulatornya harus kita gigit dan gak boleh lepas biar bisa napas terus di dalem air. Nah kebayang aja kalo itu lepas dan keminum banyak air. Huaaaaa parno πŸ˜€ Setelah beberapa lama panik (banget) dah ga mau lepas pegangan sama tali boat (hahaaa) akhirnya saya nekad nyelam. Ya mikir udah bayar kan sayang duitnya πŸ˜› ditambah rasa penasaran juga. Ya udah deh nyelam. Ditarik sih sama instruktur nya. Jadi gak nyelam sendiri tanpa arah gitu kok πŸ˜‰ Oh ya pas baru nyelam itu sih sebenernya kuping sakit banget soalnya kan air pada masuk semua tuh ke kuping. Bahkan ke idung juga rasanya, masuk lewat sela sela masker yang kita pake, tapi tenang aja kalo kerasa ada air yang masuk ke idung langsung hembuskan napas aja. Kalo kuping sakit gitu juga bisa hembusin napas kayak niup balon gitu. Bingung juga ngejelasin nya lewat tulisan sih tapi diajarin kok nanti sebelum nyelam.

IMG_4533

Feeding the fish

IMG_4562

!

IMG_4538

Terumbu karang

Nemo!

Nemo!

IMG_4569

Terumbu karang

IMG_4578

Anemon!

IMG_4580

diserbu para ikan! πŸ˜€

IMG_4584

the fish!

IMG_4590

!

Keren kan foto foto nyaaaa?! πŸ˜†

Baru nyadar kalo ternyata pemandangan bawah laut itu beneran keren banget. Pantesan banyak banget orang yang kecanduan ya hahaa πŸ˜€ Ini aja baru di Tanjung Benoa saya udah seneng banget, apalagi di Raja Ampat atau Wakatobi atau di tempat lain nya yang lebih keren ya’ Pengen lagi! Mudah-mudahan bisa nyobain lagi yaa di tempat lain yang lebih keren.Amin πŸ™‚

So buat yang belum pernah dan mau nyobain, gak ada salah nya lho. Gak akal nyesel kok, yang penting konsentrasi aja napas pake mulut, jangan lepasin regulator nya dan udah, nikmatin aja. Nyelam dan naik ke permukaan lagi kita diarahin dan ditarik sama instruktur nya kok, jadi gak perlu kuatir heheee

10 pemikiran pada “Diving di Tanjung Benoa

  1. Aku juga udah sempet nyemplung ke bawah laut, tapi ga diving.. alias pakai seawalker.. Lumayan bisa main sama ikan juga, tapi ga perlu “berenang”.. cuma berdiri aja di bawah laut..

    • eh berarti ini yang aku lakukan sea walker juga yah? gak berenang juga di bawah, udah ada lintasan gitu..
      iya seru yah main sama ikan ikan hehee

Tinggalkan Balasan

