Ramadhan Ini…

Alhamdulillah, di Bulan Ramadhan kal ini, saya udah balik lagi ke Jambi, ngumpul lagi sama keluarga. Alhamdulillah lagi udah ada suami kan ya, jadi ini Ramadhan pertama yang dilalui bareng pak suami, hehee πŸ˜‰

Inget banget deh tahun 2009 itu aku pertama kali berangkat ke Bogor buat mulai kuliah s2. Itu berangkatnya pas pertengahan Ramadhan. Waktu itu ayah sama ibu lagi umrah, jadi deh gak bisa pamit2 beneran, soalnya sebelum mereka berangkat umrah tuh, gak nyangka kalo perkuliahannya bakal dimulai di Ramadhan itu, kirain bakal setelah Idul Fitri gitu. Wah lumayan berat deh puasa pertama kali nya sendirian di kota orang gitu, hehee mana waktu itu belum punya tempat kost, jadi nginep di wisma (penginapan) gitu. Wisma nya di dalem kampus sih, cuman tetep berasa sepiii banget! Secara sendirian kan, gak ada temen (hiks), dan yang tinggal di situ juga rata2 orang2 yang cuman beberapa hari gitu. Sementara diriku bakalan stay di situ menjelang dapet kost-an. Parahnya waktu itu kan emang awal semester dan memang banyak mahasiswa yang baru dateng ya, jadi kost2an di seputaran kampus tuh rata2 penuh banget! Emang salah sendiri sih, gak ada persiapan sama sekali :p Kalo temen2 ku tuh (yang kenal setelah sampe di situ) ternyata udah pada nyari kost2-an dari beberapa bulan sebelumnya πŸ˜€ Masih Alhamdulillah sih karena masih bisa ngerayain Idul Fitri di Jambi waktu itu. Jadi emang ada libur Idul Fitri gitu kan, ya pulang deh ke rumah hehee…

Selanjutnya tahun 2010 nih, Alhamdulillah banget bulan Ramadhan nya full saya lewatin di rumah. Sebenernya gak libur beneran sih, cuman karena mata kuliah yang diambil emang gak banyak, jadi ya bolos saja hahaahaa πŸ˜† Temen2 lainjuga pada bolos. Terus kalo gak salah sih, diitung2 waktu itu jadinya cuman bolos 1 atau 2 kali gitu deh, untuk masing2 mata kuliah. Jadi dimaklumi lah :mrgreen: Setelah lebaran baru balik lagi ke Bogor. Nah waktu itu diriku menargetkan tahun depan (2011) udah berpuasa Ramadhan dan lanjut berlebaran di rumah (Jambi). Dengan kata lain udah lulus kuliahnya gitu πŸ˜‰

Sayangnya tahun 2011 itu memasuki bulan Ramadhan aku belum lulus2 jugaaa πŸ˜₯ banyak faktor penyebab nya sih ya. Yang jelas bukan karena kuliahnya males2an, orang semua mata kuliah udah lulus dengan nilai yang memuaskan kok *belagu πŸ˜€ Tersendat di penelitian sebenarnya. Sangat wajar sih (menurut saya sendiri) karena penelitian ku kan sangat tergantung dengan faktor alam, jadi ya gak bisa bener2 sesuai dengan target.

Jadilah bulan Ramadhan tahun lalu (2011) itu aku lewatin di Bogor, kota tercinta tempat tingal waktu itu πŸ˜‰ Sambil tetep serius ngerjain tesis tuh. Ya Alhamdulillah nya penelitian udah selesai sebelum Ramadhan waktu itu. Udah dapet data dan tinggal diolah kemudian dirangkai menjadi tesis πŸ™‚ Sempet seminar hasil di Bulan Ramadhan itu. Setelah seminar, saya ke Cimahi, ke tempatnya adek yang lagi kuliah di sana. Waktu itu pas ibu saya juga lagi di situ. Nah selama di Cimahi tuh, sebenernya saya (dan ibu juga sih) punya misi khusus, yaitu mencari dan membeli (memesan) suvenir pernikahan serta printilan2 kayak kain untuk seragam buat saudara2, batik, dll deh. Buat pernikahan siapa? Ya pernikahan saya tentunya πŸ˜‰ Soalnya mumpung ada waktu, dan rencananya kan emang pernikahan nya dilangsungkan setelah Idul Fitri.

Berkesan banget deh rasanya Ramadhan tahun lalu itu. Berkah banget juga karena saya bisa menyelesaikan seminar hasil, yang merupakan tahap terakhir sebelum ujian tesis. Sebenernya berniat ujian di bulan Ramadhan itu juga, biar pas lebaran udah tenang gituu heheee πŸ˜€ Cuman gak bisa terlaksana, soalnya jadwal bapak2 pembimbing saya penuh banget nget, gak ada waktu buat ujian hehehehee.. Untungnya sih, karena bulan puasa itu saya gak jadi ujian, ya bisa belanja2 itu di Bandung. Kalo mau ujian kan, ya pasti harus konsentrasi penuh kan, paling di kost-an aja merenung belajar πŸ˜€

Jadi sekarang saya tuh ngerasa bersyukur banget atas anugerah dari Allah, sehingga Ramadhan ini saya udah selesai (lulus) kuliah, udah menikah, udah tinggal di Jambi lagi, kota kecil yang meskipun banyak keterbatasannya, tapi tetep saya suka πŸ˜‰

Insyaallah tanggal 27 Juli ntar saya dan suami mau berangkat ke Surabaya, untuk jalan2. Lebih tepatnya saya yang jalan2 sih, hehee soalnya suami kan mau kuliah. Iya dia lagi ngelanjutin kuliah (s3) nya di Surabaya. Tanggal 28 nya dia mau ujian, saya diajak buat nemenin. Tadinya males sebenarnya, kebayang bakalan bosen dong saya nungguin dia ujian yah. Paling saya nangkring aja di hotel, atau nggak jalan2 sendiri ke mall di sana πŸ˜€ Sempet bilang gak mau ikut, tapi suami tampaknya beneran pengen saya ikit GR jadi ya gak apa2 lah, anggap aja saya akan menikmati me-time (yang bener2 sendirian) selama dia ujian ntar πŸ™‚ Gak tau kenapa pak suami kayaknya sih kasian juga ngeliat saya di rumah melulu sementara dia berangkat ke Suranaya itu. Emang sih saya sekarang udah kerja, jadi dosen2an :p iya dosen2an, soalnya status saya masih honor, belum pegawai tetap, di universitas swasta di Jambi. Jadi saya cuman ngajar 1 mata kuliah itu pun di kelas ekstensi aja hehehehee hari2 saya jarang banget tuh dateng ke kampus, mostly pas jam ngajar aja, abis itu pulang. Kayak sekarang kan lagi Ramadhan, mahasiswa juga udah selesai ujian semester jadi pada libur. Ya saya meliburkan diri juga dooong, heheheee soalnya emang udah gak ada kerjaan juga sih di kampus, nilai2 mahasiswa kan udah saya serahkan ke TU. Nah mungkin suamikasian juga liat saya cuman di rumah aja kerjaannya, makanya dia ajak saya ke Surabaya, sekalian nemenin beliau ujian πŸ˜‰ Rencananya sih setelah dia selesai ujian, kita mau main2 ke Malang atau Jogja, terus di Jakarta juga stay bentar, baru balik ke Jambi deh πŸ˜€

Bingung juga sebenernya traveling pas Ramadhan gini, takutnya capek gitu. Cuman ya gak apa2 lah, dicoba saja. Mudah2an bisa survive… Amin… πŸ˜€

Berhubung ini postingan udah panjang banget dan gak ada terselip satu foto apapun, pengen nampilin 1 foto kita berdua deh, fotobox pas ke Bandung bulan Mei kemaren heheheheee πŸ™‚

Selamat Berpuasa πŸ˜‰

 

 

 

Satu pemikiran pada “Ramadhan Ini…

  1. Ping balik: Ramadhan Getaway (Late Post) « just one plant means a lot

Tinggalkan Balasan

