Mengeluh Tanpa Membebani Orang Lain

Gimana caranya? Bukankah kalo kita mengeluhkan masalah kita ke orang lain, biasanya sedikit banyak akan membebani orang yang menerima keluhan kita tersebut?

Jawabanya, mengeluh lah dalam hati. Jangan mengeluhkan masalah kita ke orang lain.

Tentunya, sebagai mahluk sosial (menyalahkan kodrat), kita butuh orang lain untuk mendengarkan keluhan kita. Kalo ada orang lain yang mengetahui dan mendengar masalah kita tuh rasanya lebih lega gitu.

Masalahnya adalah kalo ungkapan keluh kesah kita itu membuat orang lain tidak nyaman. Apalagi kalo masalah yang kita punya itu sebenernya gak berkaitan sama orang yang jadi sasaran keluh kesah kita.

Jadi gini, saya tuh sering ngomong gini:

“Ih kamu mah enak bisa jalan2, aku gak punya waktu nih buat jalan2″ (Sebenernya saya mengeluh karena terlalu sibuk sampe2 gak bisa jalan2, tapi seolah2 menyalahkan orang lain yang bisa jalan2, seolah2 tuh orang kerjaannya jalan2 melulu).

Atau kalimat ini:

:Kalian sih enak punya waktu buat beli2 baju baru, aku tuh gak sempeeeet aja” (Modus operandi yang sama dengan kalimat pertama)

Contoh lain:

Me: “Abis ini kalian mo ke mana?”

Temen2: “Mo internetan aja”

Me: “Ya ampun enak banget sih kalian, bisa internetan”

Temen2: “…” (Internetan doan gitu lho)

Yaa buat saya sih, kalimat2 seperti itu gak nyaman didengar. Maksud hati sebenernya ingin mengeluh mengenai masalah sendiri, tapi jadinya seolah2 nyindir temen.

Mungkin buat sebagian orang sih, kalimat2 yang dilontarkan seperti itu biasa aja, gak mengganggu sama sekali, tinggal bilang “Derita lo!” udah cukup menyelesaikan masalah. Mungkin saya aja yang terlalu perasa sehingga merasa gak nyaman dengan kalimat2 seperti itu.

Seperti biasa, menyadari sesuatu dan berniat mengubahnya. Saya berniat gak akan ngomong2 begitu lagi. hehe..

2 pemikiran pada “Mengeluh Tanpa Membebani Orang Lain

Tinggalkan Balasan

