Kapan Nikah?

May. May be yes, may be no. Menurut saya itu jawaban standar paling garing tapi diplomatis dan usefull banget. Buat orang yang belum tau pasti mo nikah kapan sih ya, maksudnya.

Jawaban lain yang gak kalah klise: Abis lebaran. Gak tau lebaran taun kapan. Jayus abis, tapi- sekali lagi usefull.

Saya sedang mengalami saat-saat seperti itu saat ini. Saat teman2 yang dulu ingusan-dekil-belingsatan (gak seperah itu sih) memutuskan untuk mengakhiri status singel nya, tentunya pertanyaan “Kapan nikah?” Bakal ditujukan buat orang-orang nista yang belum bisa menjawab dengan pasti.  Maka jawaban2 bernada menghindar pun pelu dilontarkan.

Saya tentunya juga menjawab dengan kalimat serupa-atau gak jauh beda. Tentunya karena meskipun saya udah merencanakan hal tersebut (menikah), tapi belum bisa mengatakan tanggal dan bulannya dengan pasti. Pamali katanya.

Begitulah.

Sekedar mengenang kembali masa yang telah lampau, masa akhir perkuliahan hingga awal lulus kuliah, menikah menjadi kata kerja yang ‘menakutkan’ buat saya.Bukannya gak mau, tapi tidak untuk dilaksanakan dalam waktu dekat. Masih banyak hal lain yang perlu dan harus dilakukan. Belum kerja, belum menikmati masa-masa bebas lepas setelah lulus kuliah. Saat itu, ajakan dari pacar bahkan tidak terdengar menggoda sama sekali. Bahkan seringkali jadi topik yang memicu keributan. Saya bilang jangan dibahas, dia bilang apa salahnya. Toh bakal terjadi juga. begitulah kalo jarak usia cukup jauh (5 tahun sih ya).

Pertengahan tahun 2009 ketika memutuskan untuk kembali melanjutkan kuliah, bertemu teman-teman baru dengan pemikiran berbeda, pola pikir saya ikut berubah. Tidak lagi memandang pernikahan sebagai kata yang menakutkan, tetapi perlu dilakukan. Ya, perkuliahan tidak hanya mengajarkan saya bagaimana supaya fotosintesis bisa lebih sering, tapi juga banyak pelajaran hidup lain yang gak kalah penting.

Begitulah.

Keinginan untuk menulis topik ini muncul saat berita dan undangan pernikahan datang silih berganti dari teman-teman seperjuangan. Doakan semoga saya bisa menyusul teman 😉

2 pemikiran pada “Kapan Nikah?

Tinggalkan Balasan

