Whats Wrong With Fresh Graduate?

Di sebuah forum ilmiah yang saya hadiri kemarin. Tepatnya Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Jurnal Internasional.

Saya gak akan membahas pelatihannya di sini. Apalagi mengcopy paste semua materi ke blog ini. Bisa ngantuk semua yang baca ini blog 😛

Yang jelas pelatihannya ya seperti pelatihan pelatihan penulisan artikel ilmiah biasa. Hanya ada 1 hal yang menarik perhatian saya dan menurut saya perlu diceritain di blog ini.

Kejadiannya pas forum diskusi, saat semua peserta diberi waktu untuk  bertanya dan berdiskusi langsung mengenai artikel ilmiah nya (semua peserta diharuskan membawa artikel ilmiah) masing-masing dengan pemateri.

Seorang peserta, bapak-bapak. Mahasiswa S3 Fakultas Kehutanan memberikan pertanyaan (atau pernyataan?) kepada pemateri;

“Saya tuh suka miris ya ngeliat orang2 yang kuliah s2 atau s3 dengan gampangnya dapet gelar…”

“waduh pak, kalo masalah itu sih gak usah dbahas di sini…” kata Ibu oemateri

“Bukan gitu bu, saya cuma heran aja ngeliatnya. Saya di sini kuliah susah2 tiap hari, banyak tugas, praktikum, penelitian dll. Mereka dengan gampangnya cuma kuliah 1 kali sebulan tiba tiba dapet gelar aja”

“Biarlah masyarakat yang menilai sendiri pak” sepertinya pemateri berusaha menghentikan diskusi gak nyambung ini. Sayangnya si bapak bapak penanya itu tetep keukeuh..

“Di sisi lain, saya juga heran tuh ngeliat anak anak yang baru lulus s1. Dulu saya kuliah s2 setelah kerja 15 tahun, trus ketemu temen-temen yang baru lulus s1 langsung ngambil s2, mereka itu bener2 gak tau apa-apa. Beda banget dengan kami yang setidaknya udah ada pengalaman ini”

 

Oh please, bapak yang udah bekerja 15 tahun dan sekarang sedang kuliah di S3, maafkan kami anak s2 yang baru fresh graduate dan gak tau apa apa ini. Kami memang gak tau apa-apa, justru itu kami sekolah s2 supaya setidaknya ada yang kami tau meskipun sedikit…

Pfuuuh bersyukur gak satu fakultas apalagi jurusan dengan beliau. Bersyukur para mahasiswa s3 di jurusan saya lebih toleran dan menghargai para mahasiswa s2 yang fresh graduate dan gak tau apa apa ini. malah sering membantu menjelaskan dan membuat tugas bersama.

2 pemikiran pada “Whats Wrong With Fresh Graduate?

  1. curhat…. hihihi ^_^

    Caiyo…. bekerja belasan tahun bukan menjadi tolok ukuran apabila hanya mengulang cara-cara lama bahkan rutinitas! Pola pikir harus kita tegaskan bahwa kita harus berkembang bersama untuk INDONESIA lebih maju. Sekali merdeka tetap merdeka (lebay :-D)

Tinggalkan Balasan

