Mendapati Seorang Teman Lama

Seseorang yang telah dikenal bertahun lamanya. Hanya sebagai dua orang yang saling mengenal karena belajar di sekolah yang sama, awalnya. Kemudian menjadi teman karena kembali belajar di perguruan tinggi yang sama. Selanjutnya hanya menjadi dua orang yang saling mengenal kembali. Hanya saling kenal, dalam arti sebenarnya. Hanya saling kenal, tanpa kontak. Tanpa usaha untuk membangun silaturahmi itu sendiri.

Dua hari yang lalu, kembali bertemu dalam satu musibah yang menimpanya. Hal itu membuat saya sadar bahwa banyak hal yang tidak saya ketahui tentangnya. Bahwa mengenal seseorang selama bertahun-tahun, sempat menjadi teman selama beberapa lama, tidak menjamin kita mengenal orang tersebut sepenuhnya.

Menyadari, bahwa ternyata prasangka yang pernah terfikir adalah salah. Atau, tidak sepenuhnya benar. Bahwa ternyata semua yang terjadi ada penyebabnya. Terlambat memang, menyadari betapa buruknya saya sebagai seorang teman. Sebagai seseorang yang saling mengenal. Menyadari betapa buruknya dulu saya pernah bersikap padanya.

Ternyata quotes  Don’t judge a book by it’s cover tidak sesedarhana kalimatnya. Ternyata meskipun telah sangat lama mengetahui dan (merasa) memahami kalimat tersebut, saya belum menerapkannya dengan baik.

9 pemikiran pada “Mendapati Seorang Teman Lama

  1. wach.. rame nich kalo ngomongin tentang “temen”
    banyak juga aku rasakan pengalaman mencari seorang teman dan tidur satu tikar dengan seorang teman. yang bener2 teman buat aku..? dia tidak hanya ada saat aku susah dan tidak hanya datang saat aku senang

  2. Ping balik: Duka Kedua Kami Bulan Ini « just one plant means a lot

Tinggalkan Balasan

